Friday, June 1, 2018

Menjaga Kesehatan Mata

           Dalam kehidupan sehari hari seperti ini Laptop / PC sudah menjadi barang yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Manusia sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan yang namanya komputer untuk melakukan pekerjaannya, belajar, ataupun sekedar untuk bermain game saja. Akan tetapi tahukah anda, bahwa sanya terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan anda, terutama kesehatan mata anda. Tidak hanya itu, berkurangnya aktifitas tubuh dapat membuat tubuh anda tidak membakar kalori sehingga akan menjadi timbunan lemak dan membuat anda kegemukan bahkan obesitas.

            Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh layar komputer  menimbulkan radiasi dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan dan juga gangguan mata. Akibat yang di timbulkan lainya di depan komputer adalah sakit kepala / pusing, sakit leher dan pinggang, bahu pegal dan masih banyak yang lainnya. Namun jika kegiatan anda sehari-hari adalah di depan layar monitor komputer anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini agar aspek-aspek kesehatan tubuh anda dan juga mata anda senantiasa terjaga.
              Bekerja dengan komputer memerlukan mata untuk fokus secara bergerak bolak-balik, terus-menerus, dan melihat secara sejajar dengan apa yang sedang dilihat. Seseorang mungkin juga perlu melihat kertas kemudian kembali melihat komputer untuk mengetik (bolak-balik secara terus-menerus) dan mata harus terus beradaptasi dengan gambar ataupun tulisan yang dilihat di komputer yang terus berubah setiap saat untuk dapat membentuk gambar yang jelas untuk diinterpretasikan oleh otak.
            Semua fungsi tersebut memerlukan usaha yang tidak sedikit dari otot-otot mata. Bekerja dengan komputer lebih berat bagi mata dibandingkan membaca buku atau kertas, karena layar komputer juga memiliki elemen kontras dan kecerahan. CVS lebih mudah terjadi jika seseorang telah memiliki kelainan mata sebelumnya (misalnya rabun dekat atau astigmatisma) atau jika seseorang seharusnya memerlukan kacamata tetapi tidak mengenakannya atau menggunakan kacamata yang tidak sesuai untuk melihat komputer.
            Bekerja dengan komputer akan menjadi semakin sulit dengan bertambahnya usia. Hal ini karena lensa mata sudah tidak selentur sebelumnya. Kemampuan mata untuk memfokuskan benda yang jauh dan dekat akan mulai menurun setelah usia 40 tahun, suatu kondisi yang disebut presbiopia.
Berikut tips menjaga kesehatan mata saat di depan komputer :

1. Gunakan Screen Protector
Usahakan untuk selalu memasang Screen Protector agar pancaran cahaya dapat berkurang serta mengurangi radiasi layar,dengan begitu layar tidak cepat membuat mata anda kelelahan serta kepala anda pusing saat melihat layar monitor.

2. Istirahatkan Mata
Secara normal manusia akan berkedip sebanyak delapan belas kali selama satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap layar monitor mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu usahakanlah setiap satu jam istirahatkan mata selama enam menit saja tanpa menghadap monitor, agar mata anda tidak mudah iritasi atau mudah lelah. Lakukanlah Olahraga Mata sebagai pencegahan.
3. Atur Jarak Pandang Mata
Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah limap puluh spd seratus cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.


4. Alihkan Pandangan
Saat menatap monitor mata anda hanya akan tertuju pada satu objek saja yaitu monitor. Usahakan anda mengalihkan pandangan mata anda sejenak saja dari monitor, pandanglah pemandangan sekitar anda terutama pepohonan hijau yang sejuk jika ada. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak cepat lelah dan juga dapat mengusir pusing yang hinggap di kepala anda.

5. Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

6. Periksa Mata
Agar anda tahu bagaimana kondisi mata anda jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis

7. Kecerahan layar monitor
Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk anda. Jangan mengatur tampilan layar menjadi cerah atau terlalu agak gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.

Terakhir kalinya saja ingatkan usahakanlah setiap 3 bulan sekali anda memeriksakan mata anda ke dokter mata terdekat, karena mata merupakan organ yang sangat penting bagi kita semua, maka dari itu jagalah mata dengan sebaik mungkin dengan minum vitamin dan konsultasi ke dokter mata terdekat.

No comments:

Post a Comment