Wednesday, May 30, 2018

Tetap Sehat Selama Berpuasa



Ilmu Tak Pasti - Selama kita menjalankan ibadah berpuasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan maupun cairan di dalam tubuh kita sekitar 15 jam. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur kita agar bisa menjalani puasa dengan baik. Simak delapan tips sehat ala ilmu tak pasti selama puasa seperti yang saya utarakan di bawah ini.

1. Sebelum anda memulai berpuasa ramadhan, ada baiknya jika anda mengonsultasikan kesehatan tubuh anda dengan dokter setempat. Ternyata pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

2. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh. Jangan terlalu banyak melakukan aktifitas yang banyak menguras tenaga.

3. Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

4. Banyak sebagian orang di sekita kita yang keliru mengartikan maksud dari 'berbuka puasalah dengan yang manis'. Mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar tubuh kita segera dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru dari mereka adalah porsi makanan atau minuman manis yang mereka konsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

5. Pastikan anda selalu sahur, Peran sahur saat kita melakukan ibadah berpuasa sangatlah penting. Serta menu yang kita makan bisa memengaruhi kinerja tubuh kita selama kita mlaksanakan ibadah puasa seharian penuh. Konsumsilah makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks terutama ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah dikarenakan makanan tersebut sangat membantu kita dalam menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup ini juga sangat mendukung atau membantu tubuh dalam menjaga stamina Anda selama bulan puasa.

6. Jangan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, Hindari mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan. Makanan ini akan dapat membuat sel darah merah menjadi menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 25 persen. yang mana dapa mengakibatkan Anda akan mengantuk pada jam siang hari.

tetap sehat selama berpuasa ilmu tak pasti


7. Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

8. Pola tidur yang benar, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan selama berpuasa. Ketika kita mengantuk selama berpuasa itu bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum selama seharian penuh, melainkan itu di sebabkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

1 comment: